Total Tayangan Halaman

04 Februari 2014

Sikap orang-orang Indonesia ketika terjadi Bencana

Beberapa waktu yang lalu, gua sempet ceritain tentang bencana alam yang lagi marak di Indonesia. Gua sempet menyinggung tentang sikap orang Indonesia ketika terjadi datangnya sebuah Bencana atau kecelakaan atau sesuatu yang berhubungan dengan hal itu.

Pertama-tama, jujur Indonesia adalah negara yang indah dan gua bangga dengan keberagaman orang-orangnya. Tapi ada beberapa hal yang kadang gua sendiri sebagai orang Indonesia agak ilfil dengan sikap orang Indonesia. Berikut adalah sikap-siap yang bikin iyuwh banget (bahasa lu yan alay!! *sambil nyisir klimis*)

1. Ketika terjadi bencana atau kecelakaan biasanya itu menjadi tontonan rame-rame orang sekampung

Ada beberapa alasan yang bisa bikin gua berkata kek gitu, gini.. Saat orang kena musibah, adanya kita harus bantu orang itu, tapi yang terjadi adalah menjadi tempat tontonan gratis yang menurut mereka seru, dan patut untuk di liat. APAAN COBA YANG DILIAT?! Gua pernah jadi korban kecelakaan, orang-orang yang bikin ilfil itu cuma berkerumun mengelilingi gua seakan-akan gua adalah sesuatu yang menakjubkan untuk disaksikan! TOLONGIN WOY!!! Gua nyaris bebusa saking keselnya (joget ubur-ubur)

Sama halnya saat terjadi banjir, orang-orang tiba-tiba dateng entah dari mana, bawa anak-anaknya, tantenya, omnya, neneknya, kakeknya, kayaknya kalo bisa bawa rumahnya juga dibawa deh. Mereka ikut banjir-banjiran padahal mereka bukan korban banjir, tapi pengen ngerasain banjir! HELLO!!! Banjir kok dibikin ajang rekreasi, seneng gitu? *geleng-geleng kepala, joget oplosan*
Sungguh, semua itu gak ngebantu ngeringanin derita orang-orang yang kena musibah, malah adanya bikin gondok~

2. Banyak tukang makanan jualan di tempat kejadian perkara (ikutan dong! *sambil bawa gerobak somay*)

Hal yang paling aneh lagi adalah ini, banyak tukang jajanan yang jualan di sekitar area tempat terjadi kecelakaan atau bencana. Well mungkin sebagian menolong buat para korban, kali aja mereka laper. Tapi ini waktu ada orang kecelakaan, entah dari mana tukang-tukang makanan itu tiba-tiba ada sendiri men! Hebat!! Biasanya sih tukang susu murni n*sional, tukang somay, sampe tukang cimol juga tukang mainan anak-anak. Oh my God, dikiranya pasar malem kali ya (Bang pesen cilok satu *sambil manggil tukang cilok).
Gua sih bukannya mau ngomentarin orang nyari rejeki, tapi kalo salah tempat, ya gak baik jugalah.

3. Tiba-tiba banyak orang-orang bikin kardus sumbangan berbondong-bondong di tempat kejadian

Kalo kejadian kayak kecelakaan sih, gak mungkin kayak gini. Biasanya pas lagi bencana banyak kayak gini nih. Orang-orang sih bilang karena bantuan pemerintah kurang cepet, makanya ada kayak beginian, tapi jangan berbondong-bondong juga kali!! Lu mau minta sumbangan apa tawuran (kejang-kejang). Sebenernya sih kayak gini gak baik juga buat dicontoh sama anak-anak kan namanya minta - minta, betul tidak? (betul!!!)

Dari ketiga contoh diatas tadi, kita bisa merenungkan, bagaimana kepedulian sesama masih sangat kurang. Gua disini cuma ngingetin, alangkah baiknya kita bersikap lebih empati kepada orang lain, daripada cuma jadi penonton doang..

Pesan moral : kita hidup itu bukan sendiri, tapi sebagai makhluk sosial. Ketika terjadi musibah, jangan menjadi orang-orang yang tidak tahu dan acuh tak acuh dengan penderitaan orang lain. Menjadi orang yang senang berbagi lebih baik ketimbang jadi orang yang sombong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar