Total Tayangan Halaman

03 Februari 2014

Terlalu banyak bencana di Indonesia, kenapa?

Hai, gua Dian, pemilik dari Blog yang udah usang banyak kecoanya ini. Oke ini salah gua yang selalu males nulis blog, dikarenakan gua emang lagi males dan gak mood, karena GAK ADA YANG BACA (T_T) . Hahaha gua bohong kok. nasib gua sebagai penulis blog gak ngenes-ngenes banget. Kadang ada yang baca (Makasih yang udah baca blog gua, akhirnya blog yang usang ini ada yang baca, kesian dia sendirian.. ). Di tahun lalu, gua begitu banyak melewati hal-hal yang menyenangkan dan tidak menyenangkan, salah satunya adalah banjir. Begini ceritanya...


Januari 2013, saat itu gua lagi gak masuk kuliah, karena lagi libur kuliah. Untunglah, tapi di pagi itu, hujan masih deres dari semalem, dan gua gak bisa kemana-mana. Tinggalah gua bersama nyokap berdua berjaga kalau banjir melanda rumah gua yang nyaris roboh itu (ngenesnya) tapi emang bener, rumah gua emang nyaris roboh, dimana-mana bocor, apalagi kalo bukan nyaris roboh. paling bisa dibilang bobroklah. Tapi gua bersyukur masih punya rumah dan gak keujanan (Makasih ya Allah *niru suara Baim Cilik, meski suara gua lebih mirip kambing kecekek*). Balik lagi ke cerita, pagi itu air di kali belakang rumah gua udah mulai naik dengan cepet. tiba-tiba udah di depan ruang tamu tuh aer. Datang tak dijemput, pulang tak diantar (kek jelangkung, hiiii~). Seketika gua panik abis. semua barang-barang yang ada dikamar bawah gua naikin ke lantai atas, atas perintah ibu ratu (baca : Nyokap). Gua bergegas bagaikan gambar Elang jadi-jadian di Indosiar, gua angkat semua barang dengan kekuatan gua (berasa kaya satria baja hitam, padahal gua mah bisa dibilang satria batu cobek -_-).

Ternyata, aernya cepet banget naek, lu gak akan percaya pasti kalo gua bilang, gua dan nyokap sampe ngangkat kulkas ke kursi! TOLONG DI GARIS BAWAHI, GUA NGANGKAT KULKAS!! entah dari mana gua dapet keajaiban itu, tapi ini bukan rekayasa grafis atau bualan gua semata, gua ngangkat kulkas! Hebat! (puk-puk diri sendiri). Tapi sayangnya setelah itu, gua mengalami sakit pinggang yang sangat akut, sampai-sampai gua gak bisa lagi ngangkat barang berat. Sedih gua, penghasilan gua jadi kuli, harus diakhiri sampe disini (sumpah gua bercanda). Well, itu hanya sebagian kecil dari pengalaman gua kena banjir di rumah. Lu kudu tau, waktu itu ketinggian air di dalem rumah gua udah sampe lutut orang dewasa, sedangkan diluar rumah gua sampe pinggang. Itu adalah musibah di tahun lalu. Mungkin gak seberapa dengan musibah yang terjadi di Indonesia di akhir tahun 2013 dan awal tahun 2014.

Contohnya aja, Letusan Gunung Sinabung, yang terjadi di Sumatra Utara yang memakan korban 15 orang karena serangan awan panas tiba-tiba beberapa waktu lalu. Yang gua ikutin di acara berita setiap hari, Gunung Sinabung itu meletus saat bulan November 2013, banyak penduduk yang mengungsi akibat letusan gunung yang lumayan gede ini. Gua juga ngeliat banyak diantara hasil kebun penduduk yang rusak akibat letusan Gunung Sinabung. Gua cukup sedih dan prihatin. Bencana banjir rumah gua sampe gua ngangkat kulkas, gak sebanding dengan derita korban Gunung Sinabung. Oh Man! Ini tuh udah parah banget. 

Dok. metrotvnews.com


Dok.Antarafoto

Belom selesai tuh gunung Sinabung meletus, ada lagi banjir Bandang di Manado, Sulawesi Utara. Itu serem banget, Man! Gua liat di tipi (alhamdulillah tipi gua masih bisa diliat), kalo terjangan Banjir itu, nyeret semua kendaraan, rumah, sampe orang-orang juga ikut ke seret. Serem banget! dan Banjir di rumah gua yang cuma selutut atau sepinggang itu gak ada apa-apanya dibanding bencana Banjir Bandang di Sulawesi Utara.


Dok.Berita Plasa


Dok. Tribunnews.com
Dan yang terakhir adalah, banjir lagi dijakarta. Yang entah kenapa bikin gua aneh. Kenapa aneh, anak kecil menganggap banjir adalah sebuah kesenangan. Gua akan bahas ini ditulisan gua berikutnya. Tapi menurut gua, banjir kali ini yang menerjang sebagian jakarta ini termasuk Galau. Soalnya cuma bisa bikin PHP doang, tadinya emang banjir sampe atep rumah, terus surut, terus banjir lagi, terus surut lagi, dan sekarang masih banjir. Jadi bencana ini, mau-mau, nggak-nggak. Mungkin di Jakarta kebanyakan orang galau, makanya jadi galau kali ya (Yan, gak ada hubungannya kali -__-)


Dok. Megapolitan.kompas.com

Jadi menurut kesimpulan dari semua bencana ini, sebagian memang berasal dari Alam, dan sebagian lagi berasal dari Manusia. Kalo pun dari alam, contohnya adalah Letusan Gunung Sinabung, itu bagian dari Alam. Nah kalo banjir dari jakarta, mungkin juga dari alam, tapi menurut gua unsur kesalahan manusia juga ada. ya kagak sadar juga kalo gak boleh buang sampah sembarang, masih aja ngeyel, namanya juga Indonesia. Kalo gak ngeyel gak seru men, katanya sih gitu. hahahaa.

Indonesia itu berada di titik pertemuan lempeng EURASIA, antara benua Australia dan benua Asia, makanya banyak gunung berapi aktif di Indonesia. Gak heran, dalam waktu yang bersamaan gunung bisa aja aktif dan membuat status gunung menjadi naik tiba-tiba tanpa pemberitahuan. Tapi untungnya juga ada, tanah di Indonesia lebih bagus daripada tanah-tanah di negara lain, karena banyak mineral-mineral vulkanik yang berfungsi sebagai penyubur tanaman. 

Kita sebagai penduduk Indonesia, harusnya tau akan hal ini, Indonesia dikelilingi Gunung berapi aktif, dan lautan, makanya jangan heran kalo sering banjir, soalnya tanah di Indonesia itu terlalu bagus (apaan sih yan). Jadi gak salah kan banyak bencana terjadi di Indonesia. Itu dia pendapat gua, pinter kan gua? (HUUUUUUU!!!)



Pesan Moral : Hidup ini gak bakal seru kalo tiap hari flat doang, gak ada yang menarik. Tapi kita kudu waspada sama takdir yang diberikan sama Tuhan. Syukuri apa yang ada, mungkin dengan adanya semua ini, kita sebagai manusia bisa belajar memahami alam, dan semakin mencintai Indonesia. Makanya, jangan cuma di eksploitasi, tapi dijaga juga di balikin lagi kesemula, biar semua yang kita ambil itu balik lagi kesemula. Tetap pada tempatnya. Hidup bang Rhoma Irama! (NGGAK NYAMBUNG!!!)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar